Pekanbaru People Say (Bahasa)

Sebuah tulisan ensiklopedia bahasa daerah yang semoga ada menambah pengetahuan. Ini dalam edisi rindu ngomong bahasa pekan tapi ketika ngomong jadi merasa aneh.

1. Sambal

‘Ma sambal hari ini apa?’ ‘Mama masak ayam hari ini’.

Do you get the meaning? Bukan saus sambal ya. Biasanya saya nyebut lauk pauk itu sambal. Mungkin ini karena ada akulturasi dari budaya minang kali ya. Kalau di minang nyebutnya ‘samba’. Ga ngerti juga apa ini bahasa di rumah saya saja atau sama se kota. Trus kalo nyebut sambal yang asli apa? Ya nyebutnya cabe.

‘Ma makanannya jangan dikasih cabe’. Begitu.

2. Kantong asoy

Ini sejenis pembungkus berbahan plastik. Nama lainnya kresek atau nama nasionalnya kantong plastik. Saya kadang mikir juga asal mula nama asoy-nya darimana ya?

3. Oplet

Ini nama buat angkutan kota atau angkot. Kalau sedang beruntung, anda akan menemukan oplet yang musiknya kenceng banget sampai kedengaran ke kendaraan lain. Dulu waktu SD, saya pulang sekolah naik oplet sama teman-teman. Kadang ngetemnya lama sampai opletnya penuh. Alhamdulillah baik-baik saja dan ga budeg walaupun kadang nemu oplet jenis begitu.

4. Mada

‘Ndeh, mada kali anak ni. Dah dibilang jangan pergi, pergi juga dia’

Biasanya ibu-ibu suka nyebut anaknya mada kalau anaknya ga mau dengerin kata ibunya. Entah di sekolah di rumah di pasar pasti ada yang nyebut mada. Mada = nakal. Btw, ini merupakan asli bahasa minang yang sering digunakan di pekan.

5. Peraut atau peruncing

Entah kenapa teman saya bingung ketika saya menyebut peraut atau rautan. Kadang saya juga nyebutnya peruncing. Rautan pensil. Saya tanya ke gugel, ngerti kok gugelnya.

6. Jilbab sorong

Ini sebutan buat jilbab instan atau jilbab yang langsung pakai. Kalau buat jilban segi empat, saya nyebutnya jilbab petak.

7. Bising

Biasanya lebih sering digunakan kata ‘bising’ untuk merujuk hal yang ‘ribut’. Entah untuk orang yang banyak ngomong, meribut ga jelas, atau suatu kondisi ribut.

‘Bising kali kau ni’. ‘Bising kali lah disini’. Begitu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s