Rekomendasi Topik Penelitian

Salah seorang dosenku di Teknik Lingkungan menyampaikan bahwa tantangan perguruan tinggi hari ini adalah perkembangan ilmu dan teknologi di luar kampus yang lebih pesat dibandingkan dengan perkembangan keilmuan yang di dalam kampus.

Saya setuju dengan hal tersebut. Tapi saya juga sekaligus tidak setuju dengan hal tersebut.

Kenapa?

Apabila saya melihat dengan kaca mata global, kita memang tertinggal jauh dengan negara tetangga. Bahkan dulu kita merdekanya barengan sama korea tapi lihat sekarang? kita tertinggal jauh.

Di luar negeri, teknik lingkungannya udah ngomongin tentang pencemaran sungai dan pengaruhnya terhadap DNA manusia bila konsumsi air tercemar itu. Padahal itu air sungainya tampak jernih tapi ternyata masih ada efek negatifnya. Ngurusinnya udah bukan yang tampak lagi cuy, tapi udah kasat mata.

Coba kita liat sungai di Indonesia, gak beres-beres sampai sekarang. Dimana salahnya coba?

Caranya udah ada. Teknologi udah ada. Success story dari negara lain juga sudah banyak. Lalu kenapa gak berhasil?

Saya tidak setuju dengan pernyataan tersebut karena kalau konteks melihat di Indonesia, keilmuan yang di kampus tersebut sebenarnya masih relevan. Masih banyak digunakan. Bahkan di dunia kerja sendiri ilmu-ilmu dasar (terutama teknik lingkungan) itu masih banyak orang yang gak paham. Ilmu dasar loh, masih ada yang salah.

Tapi jujur sih lebih banyak setujunya dengan pernyataan tersebut. Kalau boleh saya tambahkan: Masalah lingkungan di Indonesia ini semakin rumit, tetapi kecepatan perkembangan penelitian yang kurang bisa mengimbangi.

Entah karena kurang minatnya orang di bidang lingkungan atau karena lingkungan ini terlalu kompleks makanya malas ngurusinnya. Padahal kalau lomba-lomba menulis banyak loh yang bertema lingkungan, dari lomba anak SD sampai kuliah. Dari berbagai jurusan juga banyak mau berpartisipasi.

Dugaan saya kenapa ini terjadi karena arah penelitian yang dilakukan peneliti kebanyakan berbeda jauh dengan apa yang benar-benar saat ini dibutuhkan di lapangan.

Nah gap itulah yang ingin saya coba isi melalui apa yang saya temukan selama bekerja dan/atau cerita-cerita yang saya dapatkan dari lingkungan kerja saya. Nantinya permasalahan-permasalahan yang saya temukan tersebut akan saya sampaikan di postingan ini supaya bisa jadi referensi/ide awal buat teman-teman yang sedang mencari-cari topik penelitian.

Yang permasalahan ingin coba saya sampaikan disini bukan cuma dari sisi teknis tetapi juga non teknis. Malah kalau dibandingkan, permasalahan lingkungan itu lebih banyak non teknisnya.

Kalian tidak pusing cari topik penelitian dan bisa cepat lulus serta juga penelitian kalian adalah sesuatu yang aplikatif dan bermanfaat. Menarikkan?

Berikut beberapa topiknya:

1. Dalam dokumen lingkungan ada aturan bahwa pemilik usaha komersial harus mengelola sampahnya sendiri, misal mall, perkantoran, dll. Contohnya ini ada di peraturan Kota Bogor. Tetapi sebagian besar komersial tidak melakukan hal tersebut dan tidak tahu padahal itu udah jadi persyaratan dalam dokumen lingkungan yang mereka urus diawal.
Nah bisa nih topik penelitiannya ambil:

  • Identifikasi penyebab-penyebab kenapa itu tidak dilaksanakan.
  • Identifikasi seberapa banyak komersial yang tau dan tidak tau aturan tersebut
  • Kasih saran/solusi untuk masalah tersebut

2. Terkait skema kerjasama dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia (Detail menyusul)

3. Rata-rata luas sel TPA itu sekitar 1 ha. Kadang terpaksa karena kondisi lahan (biasanya yang lahannya berupa lereng), luas selnya dibagi 2. Dibuat lebih kecil supaya lebih aman ga terjadi longsor. Nah tapi masalahnya IPL cuma 1 dan berukuran besar. Tentu pemanfaatan sel TPAnya kan ganti-gantian dan volume lindinya diawal kecil, sedangkan IPL yang dibangun berkapasitas besar. Tentu tidak sesuainya jumlah lindi yang masuk ke IPL dengan kapasitas olahnya ini ada pengaruhnya terhadap kinerja IPL. Ini juga yang perlu dipikirkan.

4. (Akan ditambahkan lagi kemudian hehe).

Untuk topik penelitian selanjutnya menyusul ya. Yang diatas masih permulaan karena itu yang baru-baru ini didengar. Masalah lainnya sebenarnya masih banyak dan akan saya update infonya di postingan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s