Pengalaman Pakai Sheet Mask, Setelah 3 Hari Malah Bikin Jerawatan

Rasanya sudah menerapkan aturan pakai sheet mask yang baik, tapi muka malah jadi jerawatan. Agak syok karena ga pernah jerawatan muncul banyak seperti ini, biasanya satu dua saja. Mau sedih tapi juga ngetawain kebodohan sendiri. Hahaha.

Kronologis

Jadi ceritanya saya pakai sheet mask yang ada sebum bubblenya begitu. Kemasannya  unik, ada 2 part/step. Yang pertama berisi sebum bubble mask dan yang kedua berisi essence untuk melembabkan yang digunakan setelah memakai masker.

Sebelum pakai masker, wajah dibersihkan terlebih dahulu. Pas kemasan dibuka, sebum bubblenya langsung melimpah jadi harus segera diaplikasikan ke wajah. Pakainya agak riweuh jadi dibawa sambil tiduran supaya busanya gak meleber kemana-mana. Waktu dipakai biasa saja sih, gak ada pedih atau tanda iritasi. Saya pakai sesuai aturan kemasan sekitar 15-20 menit.

Setelahnya, wajah dibersihkan lagi dan digunakan essence. Essencenya ini buanyak banget, disimpan lagi untuk pakai 3 kali lagi kayaknya masih bisa. Saya kira semakin banyak diaplikasikan semakin bagus. Essencenya ini agak lengket dan lama kering, terus saya pakaikan tu semuanya semuka jadi basah dan lengket semuka.

Keesokan paginya bangun tidur, essense sudah kering dan muka jadi lembab seharian. Amazing karena muka jadi halus licin, komedo-komedo pada mengendap, pori-pori jadi keliatan kecil. Setelah efek lembabnya hilang, mungkin di hari kedua atau ketiga muncul lah masalah. Muncul beberapa jerawat gede dibagian pipi bawah sampai dagu T_T.

Hampir 1 minggu tapi jerawat masih belum hilang juga 😦

Nah disinilah mungkin letak kesalahan pemakaian. Saya pikir wajar-wajar saja dan gak akan bermasalah kalau pakai essense sebanyak itu dan dibawa tidur. Tapi ternyata gak cocok sama jenis kulit wajah saya yang minyaknya heboh kalau tidur malam. Wkwkwk.

Harusnya bagaimana sih kalau habis pakai sheet mask? Perlu dibilas lagi atau engga ya?

Dari pengalaman ini, menurut saya tergantung jenis kulit si orangnya. Kalau saya itu ternyata tipe yang kalau tidur malam wajahnya harus bersih. Pori-pori wajahnya gak boleh tersumbat karena minyak muka banyak banget apalagi di daerah T-zone dan dagu saat tidur malam.

Dugaan saya ini juga merupakan efek kombinasi. Yang mana setelah pakai essence pori-pori jadi kesumbat. Lalu juga karena pakai masker kain seharian sehingga bagian pipa bawah sering ketutup. Alhasil minyak-minyak di wajah yang menumpuk gak bisa keluar selama 2 hari itu, lalu memicu infeksi bakteri dan menimbulkan jerawat.

Ada yang kayak gini juga gak sih? Niatnya buat merawat muka, tapi saat dirawat malah bikin muka rusak dan jadi bikin ribet. Wkwkwk. Tapi kayaknya ini memang sayanya saja yang kurang hati-hati sama kondisi kulit sendiri.

Tips Memakai Sheet Mask

Dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi, berikut nih tips agar pemakaian sheet mask bisa optimal. Saya rangkum dan ringkas menjadi 5 hal di bawah ini.

  • Bersihkan wajah

Sebelum memakai sheet mask, bersihkan wajah terlebih dahulu agar kotoran dan minyak yang menumpuk diwajah terangkat. Hal ini juga akan membuat serum di masker dapat menyerap dengan baik di kulit karena pori-pori yang lebih bersih.

  • Pakai sheet mask sesuai aturan pakai

Jangan pakai sheet mask terlalu lama. Umumnya pada kemasan, waktu pemakaian yang disarankan adalah 15-20 menit. Dikhawatirkan masker yang dibiarkan kering dimuka dapat menyerap kembali kelembapan di kulit wajah.

  • Pakai pelembab

Setelah serum agak kering di wajah, oleskan pelembab untuk ‘mengunci’ serum di wajah sehingga dapat bekerja maksimal. Hal ini juga secara tidak langsung untuk menghalangi serum yang sudah terserap ke kulit wajah menguap.

Untuk jenis sheet mask yang juga sudah menyediakan essence, bisa gunakan essence yang sudah disediakan tersebut untuk sebagai pelembab.

  • Perlu bilas?

Ada sumber yang bilang tidak perlu dibilas sehabis menggunakan sheet mask karena malah akan menghilangkan manfaat dari sheet mask itu sendiri. Saya setuju sih sama ini, cuman perlu diperhatikan juga kapan waktu penggunaannya.

Kalau misalnya siang hari sebelum beraktivitas, mungkin gak masalah, malah dianjurkan. Nah kalau pakainya malam hari, perhatikan juga jenis kulit wajah kalian jangan sampai nanti karena gak dibilas malah menyumbat pori-pori.

Dan ingat ya, ini bukan sleeping mask jadi dipetunjuknya gak ada info yang memperkuat boleh dibawa tidur. Buat kehati-hatian, baiknya sih gak malem-malem banget dipakai, jadi ada jeda waktu beberapa jam sebelum cuci muka jadi gak sayang kebuang cepet maskernya.

  • Pakai sisa serum masker untuk anggota tubuh yang kering

Sisa serum masker bisa juga ini dimanfaatkan untuk melembab anggota tubuh lain, misalnya leher, dada, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya yang kering. Biar higienis dan awet simpan sisa serum di wadah tertutup.


Sumber:

  1. https://www.popbela.com/beauty/skin/jennifer-a-tanjung/tips-memakai-sheet-mask/full
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/cara-maksimal-pakai-sheet-mask/#gref
  3. https://editorial.femaledaily.com/blog/2018/09/13/cara-memakai-sheet-mask-yang-benar/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s