5 Alasan Pentingnya Performance Management

Kinerja karyawan adalah salah satu hal dalam operasional perusahaan. Tanpa kinerja karyawan, perusahaan tidak mampu mengoptimalkan bisnisnya. Sayangnya kinerja karyawan bersifat naik turun. Penurunan kinerja karyawan tak selalu berhubungan dengan tingkat kemalasan.  Itu sebabnya mengapa perusahaan harus memahami bagaimana cara mengelola kinerja yang optimal. HRD selaku salah satu divisi yang berhubungan langsung dengan kinerja karyawan menggunakan performance management sebagai salah satu metode dalam pengelolaan kinerja.

Pengertian Performance Management

Performance management adalah proses pengelolaan kinerja melalui serangkaian parameter untuk peningkatan kinerja dan kemampuan karyawan. Parameter tersebut memastikan bahwa kinerja karyawan sudah berada pada jalur yang sesuai dengan harapan perusahaan dalam mencapai visi dan misi.  Tujuan keseluruhan dari performance management adalah untuk peningkatan keterampilan karyawan sebagai individu dan perusahaan secara keseluruhan. Tak hanya itu,  performance management juga mampu meningkatkan budaya perusahaan yang positif. Sebab, setiap karyawan akan mempertanggungjawabkan kinerjanya masing-masing.

Pentingnya Performance Management

Proses performance management yang dirancang dengan baik membantu karyawan memahami bagaimana pekerjaan mereka berkontribusi pada kesuksesan strategi dan tujuan perusahaan secara keseluruhan. Hubungan ini memastikan karyawan mengetahui apa yang diharapkan agar mereka tetap fokus pada aktivitas paling berdampak yang memberikan nilai nyata bagi bisnis. Untuk lebih lengkapnya, dibawah ini adalah 5 alasan mengenai alasan pentingnya performance management:

Meningkatkan Hubungan dan Produktivitas

Performance management yang berkelanjutan menciptakan komunikasi yang berlandaskan kepercayaan, dukungan, dan dorongan antar karyawan dan manajer. Relasi seperti ini akan membantu mengembangkan hubungan antara karyawan dan perusahaan. Jika seorang karyawan menyadari bahwa manajer dan perusahaan mereka peduli dengan apa yang mereka lakukan serta berdedikasi untuk membantu dalam memajukan karir, karyawan merasa lebih terhubung dengan perusahaan. Karyawan yang lebih terhubung dengan perusahaan cenderung bekerja lebih produktif dibandingkan karyawan yang tidak terhubung secara emosional.

Memberi Gambaran Kondisi Perusahaan

Dengan gambaran mengenai keterampilan dan kemampuan karyawan saat ini, HRD dan manajerial dapat memahami bagaimana kondisi perusahaan saat ini. HRD kemudian akan  memastikan semua karyawan mendapatkan arahan, feedback, dan pengembangan yang mereka butuhkan untuk berhasil menyesuaikan diri dalam kinerja yang diharapkan. HRD juga dapat mengidentifikasi karyawan yang berkinerja tinggi dan rendah, serta melacak dan mengevaluasi keefektifan aktivitas pengembangan karyawan.

Perencanaan yang Lebih Strategis

Perencanaan strategis secara proaktif dan mengembangkan perencanaan kinerja karyawan. Penilaian performa secara kontinu dapat membantu HRD sebagai landasan dalam membahas kinerja setiap karyawan, peluang karir bagi karyawan potensial, dan rencana pengembangan. Dengan menggabungkan performance management dan tujuan pengembangan yang fleksibel, perusahaan dapat mengembangan perencanaan yang lebih strategis. Strategi tidak hanya  bertujuan untuk mengembangkan karyawan, tetapi juga untuk membentuk strategi yang mengarah kepada tujuan perusahaan.

Baca Juga: Tips Membuat Proposal Usaha untuk Perusahaan Rintisan

Proyeksi Masa Depan

Perusahaan wajib untuk memperkirakan dan merencanakan bagaimana proyeksi perusahaan di masa mendatang. Sehingga perusahaan dapat mendeteksi berbagai tantangan dan hambatan yang sekiranya akan muncul. Misalnya, perusahaan memperhatikan bahwa ada karyawan tertentu yang kurang cocok bekerja di suatu divisi tetapi memiliki kemampuan lain yang unggul di luar bidangnya. Perusahaan dapat memindahkan karyawan tersebut ke divisi lain yang membutuhkan keterampilan yang dimiliki olehnya.  Dengan begitu masalah dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Transparansi dan Pertanggungjawaban

Perusahaan dapat dikatakan kredibel jika memiliki transparansi yang baik dengan karyawan. Performance management dapat menjadi sarana pertanggungjawaban laporan dan transparansi perusahaan kepada karyawan mengenai progress kinerja selama periode tertentu. Dengan transparansi pula kepercayaan dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan akan muncul.

Demikianlah penjelasan mengenai performance management. Pengelolaan performa karyawan yang optimal dapat meningkatkan perkembangan perusahaan secara keseluruhan. Untuk meningkatkan proses performance management, HRD dan perusahaan dapat memanfaatkan penggunaan Performance Management Software. Otomatisasi dan integrasi oleh sistem dapat membantu HRD mengelola karyawan lebih baik. Hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s