Perbedaan Bendungan, Bendung, Embung, dan Waduk

Bendungan (Dam), Bendung, Embung merupakan prasarana sumber daya air yang bertujuan untuk menahan dan/atau menyimpan air yang berlebih pada saat musim hujan agar dapat dimanfaatkan untuk penyediaan air baku, penyediaan air irigasi, pengendalian banjir, serta pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Berikut ini adalah daftar peraturan yang berkaitan dengan bangunan penampung air.

  1. UU No.17 Tahun 2020 tentang Sumber Daya Air
  2. PP No.37 Tahun 2010 tentang Bendungan [belum ada yang terbaru]
  3. Permen PUPR No.27 Tahun 2015 jo Permen PUPR No.6 Tahun 2020 tentang Bendungan
  4. SE Menteri PUPR No.07 Tahun 2018 tentang Pedoman Pembangunan Embung Kecil dan Bangunan Penampung Air Lainnya di Desa dan lampirannya
  5. SNI 1724:2015 Analisis Hidrologi, Hidraulik, dan Kriteria Desain Bangunan di Sungai
  6. SNI 8062:2015 Tata Cara Desain Tubuh Bendungan Tipe Urugan

Waduk (Reservoir)

Waduk merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan tempat reservoir atau kolam penyimpanan air yang ukurannya sangat besar.

Ada 2 jenis waduk, waduk alami dan waduk buatan. Waduk alami yaitu waduk yang terbentuk karena proses alam, sedangkan waduk buatan terbentuk karena pembangunan bendungan atau bendung.

Permen PUPR 27/2015: Waduk adalah wadah buatan yang terbentuk sebagai akibat dibangunnya bendungan.

Biasanya waduk digunakan untuk membendung serta menyimpan air sungai. Air yang ditampung di dalam waduk dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk air minum, irigasi pertanian, pembangkit listrik, dan budidaya perikanan.

Bendungan (Dam)

Bendungan (dam) adalah bangunan yang dibuat untuk menahan aliran air dalam satu tempat penampungan air berukuran besar. Tempat penampungan itulah yang disebut dengan waduk.

Bendungan biasanya dilengkapi dengan pintu air berukuran raksasa yang fungsinya untuk mengendalikan air dari waduk.

Terminologi bendungan juga dijelaskan dalam peraturan perundang-undangan. Secara garis besar, hanya ada sedikit perbedaan terminologi antara PP dan Permen PUPR yaitu pada bagian deskripsi komponen penyusun bendungan.

PP 37/2010 : Bendungan adalah bangunan yang berupa urukan tanah, urukan batu, beton, dan/atau pasangan batu yang dibangun selain untuk menahan dan menampung air, dapat pula dibangun untuk menahan dan menampung limbah tambang (tailing), atau menampung lumpur sehingga terbentuk waduk.

PermenPUPR 27/2015 : Bendungan adalah bangunan yang berupa urukan tanah, urukan batu, dan beton, yang dibangun selain untuk menahan dan menampung air, dapat pula dibangun untuk menahan dan menampung limbah tambang, atau menampung lumpur, sehingga terbentuk waduk.

Bendung (Weir)

Pada dasarnya, bendung memiliki fungsi yang mirip dengan bendungan (dam). Bedanya, ukuran bendung lebih kecil dari bendungan dan tidak memiliki pintu air.

Bendung digunakan untuk menghalangi aliran air agar permukaannya naik hingga di ketinggan tertentu (sesuai dengan ukuran bendung). Tujuannya adalah agar air dapat mengalir dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah.

Bendung sendiri biasanya digunakan dalam irigasi pertanian, mengetahui debit air, serta menghambat laju kecepatan aliran air.

Embung (Retention Pond)

Istilah embung sebenarnya tidak terdapat dalam peraturan perundang-undangan. Embung merupakan istilah yang lazimnya digunakan untuk menunjukkan kategori bendungan kecil.

Embung merupakan bangunan berbentuk cekung yang berfungsi untuk menampung kelebihan air pada saat terjadi hujan. Air yang ditampung dapat digunakan sebagai persediaan air saat musim kering tiba.

Selain itu, embung juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air yang ada di sungai ataupun di danau.

Kesimpulan

BangunanTujuan utamaDaya tampung
Bendungan Menahan dan menampung airpaling sedikit 500.000 m3
Bendung Meninggikan muka air agar dapat dialirkan jauh dari daerah tinggi ke daerah yang lebih rendah (tidak untuk menampung air)
EmbungMenampung kelebihan air pada musim hujan1.000 – 500.000 m3

Referensi

  1. https://twitter.com/KemenPU
  2. http://helm-proyeku.blogspot.com/
  3. http://bpsdm.pu.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s